SEKILAS TENTANG SEJARAH BLOG MODERN

Sejarah Blog

Sejarah Blog

 

Asal mula sejarah blogmodern kadang masih menjadi perdebatan.

Setelahsedikit memahami tentang pengertian blog, sebelum belajar tentangcara membuat blog, mungkin ada baiknya kalau kita sedikit menilik sejarah blog, yah.

Cikal bakal dari blog modern awalnya adalah semakin banyaknya website maupun halaman yang saling berhubungan satu sama lain begitu pula saling bertukar komentar hingga semakin meningkatkan komunitas blog. Dari situlah blog modern mulai berkembang.

Tim Berners-Lee, penggagas the World Wide Web, pertama kali memposting pada halaman web pada tahun 1992 di CERN (European Organization for Nuclear Research) yang terus berkembang menjadi sebuah daftar semua website online baru.

Pusat Supercomputing Aplikasi Nasional (NCSA) mulai memiliki daftar situs-situs baru pada Juni 1993. Terutama situs penyedia entri yang disusun berdasarkan tanggal dan link-link baru termasuk komentar-komentar. Layanan ini akhirnya diambil alih oleh Netscapeyang kemudian menjadi situs web yang sangat lebih populer pada masanya.

Justin Hall Meluncurkan Home Page Justin yang kemudian mencoba membuat link-link secara sembunyi-sembunyi. Website Justin menerima link dan menulis review untuk website lain.

Kemudian pada 10 Januari 1996, Justin Hall mulai menulis komentar berupa jurnal online setiap hari. Meskipun posting artikel hariannya baru terhubung ke bagian index page saja. Dalam jurnalnya dia menulis Suatu hari, sebelum saya tidur, Saya pikirkan tentang hari saya, dan bagaimana permasalaha-permasalahan saya, dan saya menulis sedikit tentang apa yang telah memberikan saya pelajaran untuk menghadapinya..

Di Februari 1996, Winer Menulis sebuah web blog bertema 24 jam Proyek Demokrasi.

Kemudian bulan Aprilnya, Winer meluncurkan sebuah web page baru bagi pengguna Software Frontier yang berkembang menjadi Scripting News di tahun 1997, yang merupakan salah satu dari web blog tertua yang masih ada di internet sampai hari ini. Perusahaan tersebut merilis Radio Userland, salah satu software blogging yang pertama.

Setelah Jorn Barger memperkenalkan ketentuan-ketentuan weblog menjadi syarat penggunaan yang populer pada Desember 1997, Blogging yang kita ketahui saat ini mulai terus ditingkatkan dan dibangun. Ini merupakan satu sejarah blog penting dalam perkembangannya.

Pada November 1998, Cameron Barrett mempublikasikan daftar blog pertamanya di Camworld.

Sebenarnya masih ada beberapa tahapan sejarah blog setelah November 98, tapi untuk singkatnya saja yah hehe… Sejarah singkatnya, pada Agustus 1999, Pyra Labs, yang saat ini dimiliki oleh Google, meluncurkan layanan blogging gratis Blogger yang pada awalnya telah menghadirkan peralatan yang sangat mudah bagi semua orang untuk mensetup sebuah blog. Layanan blog lainnya mulai bermunculan seperti Pitas dan Groksoup.

Setelah berjalan 12 bulan, blogging mulai mendunia, perusahaan-perusahaan baru bermunculan begitu juga tools-tools blogging. Setelah melangkah lebih jauh, semuanya menjadi sejarah blog dan mungkin saat ini kita menjadi bagian di dalamnya.