Cara Membuat Facebook Insight Untuk Blog WordPress

Halo para fesbuker, hari ini saya ingin sharingkan sedikit mengenai Facebook insight. Sebenarnya hari ini saya ingin memberikan tutorial cara mengiklankan Domain Sponsored Story dengan menggunakan Facebook ads, namun sebelum kearah sana ada bagian yang harus anda pahami terlebih dahulu.

Langkah ini tidak bisa dilewatkan jika ingin mengiklankan Domain Sponsored Story karena merupakan bagian yang harus dilakukan terlebih dahulu.

Apa itu Facebook Insight?

Facebook Insight adalah fitur yang disediakan oleh Facebook untuk memonitor aktifitas dari pengunjung atau fans kita pada pages, aplikasi atau website. Sejauh ini kebanyakkan orang hanya tahu Facebook insight itu hanya ada pada Facebook pages. Tapi sebenarnya saat ini kita bisa mengamati Facebook insight pada PagesApp dan Website.

Apa Pentingnya Facebook Insight?

Menurut anda, dalam mengembangkan bisnis perlu ga kita mengamati tingkat konversi? setiap bisnis pasti butuh analisa data untuk lebih bisa memperbaiki kesalahan dan meningkatkan sesuatu hal yang masih kurang.

Sama halnya di Facebook, ketika membangun Facebook Pages, kita harus bisa tahu apa yang disukai oleh Fans kita dan darimana saja target fans kita. Semua ini bisa kita dapatkan datanya melalui Facebook Insight.

Berikut ini adalah contoh tampilan Facebook Insight untuk Facebook pages :

facebook page insight

Saya tidak akan membahas lebih detail mengenai Facebook Insight pada Facebook Pages karena saya sudah berikan secara detail dalam video tutorial Belajar Facebook Marketing, bagi yang belum order silakan order jika ingin mempelajari lebih dalam mengenai Facebook Pages.

Hal yang mau saya bahas pada artikel ini adalah bagaimana cara melihat Facebook Insight pada Website. Artinya kita bisa lihat aktifitas pengunjung website anda terhadap artikel  – artikel yang ada pada website dari segi social proff khususnya facebook.

Data ini bisa muncul dengan catatan anda sudah memasang aplikasi Facebook LIKESHARE danComment Box pada website. Jika belum tentu saja tidak akan ada data pada Facebook Insight nantinya. Dalam hal ini saya anggap anda sudah memasang fitur social media Facebook pada website.

Langkah – Langkah Memasang Facebook Insight Pada Blog WordPress :

1. Login ke Facebook profile anda, lalu klik link ini Facebook Insight

2. Klik tombol Insights For Your Website yang ada disebelah kanan atas. Perhatikan gambar dibawah ini.

fb insight1

 

3. Pengguna Website : Copy kode meta property yang tampil, lalu paste ke website tepat dibawah<head>Pengguna Blog WordPress : Install plugin All In One Webmaster lalu aktifkan.

fb insight2

 

4. Paste kode content pada meta property tadi ke dalam All in One Webmaster seperti gambar dibawah ini :

FB insight 4

 

5. Sekarang anda tinggal monitor dengan cara klik pada link Facebook Insight lalu masukkan nama domain yang anda letakkan kode tadi. Misalnya dalam hal ini MembuatFacebook.com.

FB insight 5

 

Jika berhasil maka akan muncul tampilan Facebook Insight dari website atau blog wordpress seperti dibawah ini :

Tampilan Insight Website

Anda bisa lihat sendiri jumlah Total Actions, Total Impression, Total Referal Traffic yang dilakukan pengunjung sesuai tanggal yang sudah anda tentukan. Silakan anda praktekkan dan lihat hasil insight dari website atau blog anda. Semakin banyak total actions yang terjadi berarti interaksi juga semakin meningkat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s