Pertimbangan Ketika Membeli Komputer

 

POSTED IN: BASIC

Saat membeli sesuatu, adalah sangat wajar jika kita menerapkan azas kehati-hatian di dalamnya. Hal ini disebabkan karena dalam membeli barang, harta yang kita peroleh dengan susah payah akan kita tukarkan dengan sesuatu. Maka dari itu pantaslah jika kita berhati-hati supaya mendapatkan barang yang sesuai dengan harta atau uang yang kita keluarkan. Apalagi tidak jarang orang tertipu dengan barang yang bagus tapi ternyata tidak baik. Begitu pula yang terjadi dalam pembelian CPU, supaya tidak tertipu dan uang yang digunakan dalam berbelanja perangkat menjadi efisien dan maksimal, maka ada beberap hal yang harus kita ketahui.Pertimbangan Ketika Membeli Komputer

Membeli komputer bukanlah hal yang mudah seperti membeli makanan atau ponsel. Tingkat kompleksitas dalam pembelian komputer lebih besar daripada pembelian ponsel, meskipun ponsel dewasa ini juga lebih mirip seperti komputer. Hanya saja ketika kita membeli ponsel, semua bagian ponsel sudah disatukan sehingga hanya sekali beli dan beres. Berbeda dengan komputer personal atau PC yang dalam pembeliannya harus kita pahami beberapa bagiannya dengan benar. Disinilah letak kerumitannya ketika akan membeli komputer. Kebanyakan orang akan dibingungkan dengan perangkat tambahan. Misalnya hanya untuk speaker saja sangat tidak mudah memilihnya. Jika untuk ala kadarnya saja, hanya cukup bersuara, kita dapat membeli yang paling murah. Namun jika ingin mendapatkan suara yang pantas didengar, tentu saja bukan perkara mudah.

Hal ini belum seperti perangkat tambahan lainnya. Padahal sebenarnya yang paling penting dalam sebuah komputer itu adalah CPU. CPU pun memiliki beberapa perangkat yang juga kompleks. Beberapa perangkat ada yang perlu anda pertimbangkan ketika membeli sebuah komputer personal atau PC supaya tidak hanya tertipu dengan casing atau bungkusnya saja. Bagian pertama adalah Power Supply, dimana perangkat ini adalah bagian yang memberikan daya kepada CPU dari listrik rumah anda. Tanpa adanya power supply ini, maka komputer tidak akan dapat dinyalakan, meskipun semuanya telah lengkap. Maka dari itu pastikan daya dari power supply sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan oleh komputer anda. Akan sangat percuma jika komputer anda bagus dengan spek tinggi, jika power supply tidak berjalan sebagaimana mestinya. Bisa jadi malah merusak perangkat lain dalam CPU. Tanyakan kepada penjual komputer mengenai hal ini jika anda tidak mengerti kebutuhan daya CPU anda.

 

Komputer yang dilengkapi dengan power supply yang baik akan menjamin keawetan dari komputer tersebut. Kinerjanya juga akan maksimal karena komputer memerlukan daya listrik untuk bekerja. Akan tetapi sangat jarang orang yang memperhatikan hal ini dan menganggapnya sepele. Padahal power supply sangat menentukan performa dari komputer itu secara keseluruhan. Tanpa adanya power supply yang memasok daya sesuai dengan kebutuhan, maka prosesor setinggi apapun tidak akan dapat bekerja dengan baik. Maka dari itu, power supply merupakan bagian nomer satu dalam komputer itu sendiri.

bagian lain yang perlu dipertimbangkan saat membeli komputer adalah Motherboard. Motherboard adalah bagian dari CPU yang berupa papan PCB besar. Komponen yang ada dalam komputer semuanya berhubungan dengan motherboard. Motherboard seringkali disebut sebagai mainboard, dimana memang perannya sangat penting bagi semua komponen, yakni sebagai media penghubung antara komponen di dalam komputer sehingga dapat terjadi proses komputasi.

Ketika membeli komputer, perhatikan motherboard yang ada di dalamnya. Paling tidak anda harus memperhatikan jumlah port atau colokan USB yang dapat digunakan, apakah hanya di belakang saja atau bisa diperbanyak dengan port di bagian depan casing. Selain itu perhatikan juga jumlah port yang digunakan sebagai colokan untuk Hardisk dan CDROM (SATA Port). Semakin banyak jumlahnya, tentu saja semakin bagus motherboard tersebut. Namun yang perlu anda ingat adalah semakin banyak colokan yang tersedia, maka semakin banyak daya listrik yang dibutuhkan. Maka dari itu power supply yang dibutuhkan juga harus bagus supaya semua dapat berjalan lancar tanpa hambatan. Di dalam motherboard, perhatikan juga bagian slot memori. Pastikan ada lebih dari satu slot memori yang tersedia sehingga memudahkan anda untuk menambahkan memori jika diperlukan suatu saat nanti.

Nah, yang ketiga baru prosesornya. Memang ini tidak kalah penting dan bisa merupakan bagian yang terpenting. Setiap penjual pasti akan menunjukkan kecepatan prosesor yang dijualnya kepada pembeli ketika menawarkan komputer. Semakin cepat prosesor, maka kinerja komputer akan semakin baik. Kecepatan prosesor pada umumnya berbanding lurus dengan harganya. Namun jika anda ingin yang lebih murah dengan kecepatan lebih tinggi, anda dapat memilih prosesor AMD. Selain itu perhatikan pula berapa jumlah core di dalam prosesor tersebut. Semakin banyak prosesor, tentu akan semakin baik, meskipun kecepatannya berkurang. Core prosesor biasanya disebutkan dalam bahasa yang tidak lazim, seperti duo sebagai dua, quad berarti empat dan lain sebagainya.

Lalu yang tidak kalah penting adalah harddisk sebagai media penyimpanan utama. Harddisk adalah bagian yang cukup penting karena menyangkut seberapa banyak data yang dapat anda simpan di dalam komputer anda nantinya. Jika daya tampung harddisk terlalu kecil, tentu saja akan membuat anda kerepotan nantinya. Semakin besar daya tampung harddisk, tentu semakin baik. Ukuran harddisk ideal untuk saat ini adalah 500 GB atau lebih. Namun tentunya semua disesuaikan dengan daya beli anda karena semakin besar daya tampungnya, akan semakin mahal. Akan tetapi harga hardisk kenaikannya tidak berbanding lurus dengan kapasitasnya. Harddisk dengan kapasitas 250GB dapat dihargai 500 ribu rupiah, bukan berarti harddisk kapasitas 500 GB harganya 1 juta rupiah. Terkadang selisih harga hanya sekitar 20 persen, namun perbedaan kapasitas mencapai 100 persen. Bisa dikatakan, justru hardisk yang lebih kecil jika dihitung harganya per GB akan lebih mahal.

Dan yang terakhir adalah RAM atau memori. Seringkali orang salah membedakan ini dengan harddisk. Kegunaan RAM tentu berbeda dengan harddisk. RAM dipakai sebagai penyimpanan sementara proses yang sedang dijalankan oleh Prosesor. Maka dari itu untuk mendukung prosesor yang cepat, RAM juga harus besar. Kapasitas RAM 1 GB adalah minimum yang harus ada untuk komputer masa kini. Kurang dari itu maka kinerja komputer tidak akan maksimal. RAM yang ideal adalah 2 GB atau lebih, sehingga sistem operasi dapat berjalan dengan lega.

Demikian adalah hal-hal yang perlu dipertimbangkan dalam membeli PC. Semoga artikel ini dapat membantu anda. (iwan)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s